Kamis, 22 Juli 2010

Zahir Accounting Untuk Usaha Koperasi

Telah banyak koperasi karyawan maupun koperasi simpan pinjam yang memilih Zahir Accounting sebagai alat bantu pengelolaan data keuangan. Laporan dan analisa penjualan barang per anggota, piutang anggota, simpanan/pinjaman anggota dll dapat dihasilkan oleh program Zahir Accounting.

Pada setiap kali Anda membuat data pelanggan, tentukan jenis/type pelanggan Anda dengan cara memanfaatkan kolom Klasifikasi pada pengisian data pelanggan. Buat Klasifikasi; pelanggan umum dan atau pelanggan anggota. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan laporan penjualan umum dan penjualan anggota sebagai acuan dalam penentuan besarnya pembagian hasil koperasi.

Hasil perhitungan bagi hasil yang telah Anda dapat menggunakan program Ms. Excel, dapat Anda masukkan kedalam program Zahir Accounting melalui modul Jurnal Umum.

Untuk jenis usaha koperasi karyawan atau ritel, Anda dapat menggunakan Zahir Accounting edisi Flexy Trade 5.1

Untuk jenis usaha koperasi simpan pinjam, Anda dapat menggunakan Zahir Accounting edisi Flexy Money 5.1.

Zahir Accounting tidak menyediakan fasilitas  perhitungan bunga pinjaman anggota. Anda disarankan melakukan perhitungan bunga pinjaman menggunakan Ms. Excel dll untuk kemudian hasilnya diinput ke dalam program Zahir Accounting melalui Jurnal Umum

Beberapa koperasi yang pernah kami tangani diantaranya;  Kopegtel Sinergi (Serpong), Koperasi Pertamina (Pusat), Kopkar Telkom (Bogor), Kopkar PT. Timah (Babel), Koprasi SD Santa Laurensia, KSU Merah Putih  dls

Tidak ada komentar:

Posting Komentar